Perancangan Konstruksi Boatlift Crane dengan Kapasitas SWL 15 Tonnes Pada PT. F1 Perkasa

  • Bagas Yudha Pamungkas
  • I Putu Sindhu A
  • Tri Tiyasmihadi
Keywords: Boatlift Crane, Desain Konstruksi, Pemilihan Bahan

Abstract

PT.F1 PERKASA adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangunan dan perbaikan kapal, yang dilakukan berdasarkan pesanan dari beberapa customer. Salah satu fasilitas utama yang dibutuhkan saat ini adalah adanya sarana yang mengangkat dan memindahkan kapal, baik dari darat ke air maupun sebaliknya. Perencanaan boatlift dilakukan melalui beberapa tahapan yang meliputi Pembuatan boatlift sendiri nantinya melalui tahapan yang meliputi desain konstruksi, dengan  menghitung kekuatan girder, dimana dengan menggunakan perbandingan antara kalkulasi manual dengan analisa software, kemudian anilasa leg, endcarriage, girder melintang dan yang terakhir dengan analisa 3D konstruksi. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan prototype. Untuk mendapatkan desain konstruksi dilakukan pengujian analisa kekuatan dengan menggunakan software, jika menggunakan material ASTM A36 tegangan maksimalnya adalah 89,857 N/mm2 dengan kekuatan material 250 N/mm2 maka dari hasil tersebut dapat diterima, jika menggunakan material ST52 tegangan maksimalnya adalah 139,413 N/mm2 dengan kekuatan material 355 N/mm2 maka hasil tersebut aman dapat diterimana, jika mengunakan bahan material campuran dengan mengganti endcarriage berbahan ASTM A36 maka hasil yang terjadi tegangan maksimumnya adalah 9,939 N/mm2 dengan kekuatan material 355 N/mm2 . setelah mengetahui beberapa material aman maka untuk menentukan bahan adalah menggunakan bahan material campuran dikarenakan berat sangat memperngaruhi pemilihan bahan untuk part part mekanisme dan endcarriage tidak membutuhkan material yang kuat tetapi hanya membutuhkan berat digunakan untuk penyeimbang. 

Published
2018-01-19