Proses Kalibrasi Sumbu X, Y, Dan Z Pada Mesin CNC Router Kayu 3 Axis Menggunakan Alat Bantu Dial Indicator dan Block Gauge

  • Zaynawi .
  • Bayu Wiro K
  • Fipka Bisono
Keywords: Mesin CNC, Router, Kayu

Abstract

Kemajuan di bidang teknologi yang semakin berkembang merupakan aspek sebuah pengetahuan dan teknologi yang mengharuskan kalangan pendidikan tinggi untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam penguasaan teknologi. Terutama pada teknologi tepat guna. Teknologi tepat guna merupakan teknologi yang tepat sasaran yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Pengembangan teknologi tepat guna harus lebih ditingkatkan sebagai penunjang pemanfaatan teknologi masyarakat Indonesia.

Mesin CNC router kayu yang akan dikalibrasi menggunakan 3 axis dalam pengoprasiannya, dimana ketiga tiganya menggunakan 3 unit motor servo dengan daya 0,4 kW pada sumbu x, y, z dan menggunakan motor spindle dengan daya 1,5 kW, untuk mengetahui hasil kalibrasi pada mesin CNC router kayu 3 axis menggunakan alat bantu dial indicator dan block gauge. Dan untuk mengetahui sumber kesalahan apa saja yang dapat dideteksi dengan cara kalibrasi sumbu X, Y, dan Z pada mesin CNC router kayu 3 axis.

Hasil dari kalibrasi ini adalah untuk mengetahui hasil penyimpanga dari mesin tersebut pada sumbu x sebesar 0,01 mm, sumbu y sebesar 0,01 mm dan sumbu z sebesar 0,02 mm, dengan adanya proses kalibrasi ini diharapkan CNC router kayu ini bisa beroprasi secara akurat dan presisi pada benda kerja.

Published
2018-01-19