Analisis Keandalan Mechanical Press Shearing Machine di Perusahaan Manufaktur Industri Otomotif

  • Abdurrahman Yusuf
  • Anda Iviana Juniani
  • Dhika Aditya P
Keywords: Breakdown, Reliability, FMEA, FBD, Mechanical Press Shearing

Abstract

Perusahaan Manufaktur Industri Otomotif adalah perusahaan yang berfokus pada bidang engineering dan pembuatan produk massal untuk industri otomotif berupa clip spring, specer, pin washer dan produk penunjang otomotif lainnya. Data breakdown yang dimiliki oleh perusahaan menunjukkan bahwa mesin mechanical press shearing sering mengalami kerusakan saat beroperasi. Hal inilah yang dijadikan sebagai dasar dipilihnya mesin mechanical press shearing sebagai objek penelitian.

Perhitungan keandalan digunakan untuk mengetahui tingkat peluang kegagalan yang muncul pada mesin Mechanical Press Shearing. Analisis kualitatif pada penelitian ini menggunakan Failure Modes Effects and Analysis (FMEA) dan Functional Block Diagram (FBD). FMEA digunakan untuk mengidentifikasi jenis kegagalan dan efek yang ditimbulkan. Pembuatan FBD digunakan untuk mengetahui proses kerja mesin.

Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Reliability pada T=2312 jam dari periode waktu tahun 2017 untuk tiap-tiap komponen mesin Mechanical Press Shearing adalah sebesar 49% untuk Failure Mode tuas kopling macet; 55% untuk failure mode spring kendur; 98% untuk failure mode rotor rusak; 60% untuk failure mode roda gigi rusak; 39% untuk failure mode blade aus, 49% untuk failure mode setting height tidak tepat; 39% untuk failure mode spring renggang; 18% pada failurer mode valve macet; 62% pada magnetic contactor.

Published
2018-01-19