PERENCANAAN KONSTRUKSI PROFILE PADA KAPAL GENERAL CARGO KM. MERATUS PALEMBANG

  • Diana Langgeng Mustikawati
Keywords: perencanaan kontruksi, konstruksi profil, kapal general cargo

Abstract

Kapal General Cargo adalah kapal yang mengangkut muatan berupa barang, sehingga syarat-syarat yang diperlukan oleh suatu kapal berlaku pula untuk kapal General Cargo. Namun demikian berbeda dengan jenis kapal umum lainnya seperti kapal Ikan, kapal Tanker mempunyai fungsi operasional yang berbeda. Dengan demikian konstruksi dan desain kapal General Cargo berbeda dengan konstruksi kapal Ikan atau Kapal Tanker. Tujuan perhitungan Konstruksi Profil dan beban kapal adalah untuk mendapatkan perhitungan kapal yang akan dibangun dengan baik dan dilakukan dengan perhitungan sesuai dengan data kapal. Beban Kapal terbesar berada dibagian Geladak Cuaca daerah Buritan yaitu sebesar 41,815 kN/m2. Beban terkecil berada dibagian Compas Deck yaitu sebesar 10,03 kN/m2. Perhitungan Profil L terkecil dibagian Frame Utama pada daerah Buritan Kapal sebesar 202,80 mm, Profil H terbesar berada dibagian Frame Utama pada daerah Haluan Kapal sebesar 259,50 mm dan Perhitungan Profil H terkecil dibagian Frame Utama pada daerah Midship Kapal sebesar 174,60 mm.
Published
2023-10-24
How to Cite
[1]
Mustikawati, D.L. 2023. PERENCANAAN KONSTRUKSI PROFILE PADA KAPAL GENERAL CARGO KM. MERATUS PALEMBANG. Jurnal Teknologi Maritim. 4, 1 (Oct. 2023). DOI:https://doi.org/10.33863/jtm.v4i1.2339.