ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI CAR DECK AKIBAT PENAMBAHAN PANJANG PADA RO-RO PASSENGER SHIP

Main Article Content

Muhammad Naufal Zaibidi
I Putu Sindu Asmara
Priyambodo Nur Ardi Nugroho

Abstract

KMP RODITHA adalah jenis RO-RO passenger ship milik PT. ASDP Indomesia Ferry.setelah pemakaian beberapa tahun KMP RODHITA memiliki kendala dimana pengguna mode transportasi laut yang sangat banyak berbanding terbalik dengan ukuran kapal yang sangat pendek. Awalnya kapal ini memiliki panjang antara garis tegak 60 meter sehingga dilakukan penambahan panjang di bagian lambung dan car deck sepanjang 12 meter, diharapkan dengan penambahhan panjang ini bisa menambah kapasitas penumpang lebih tepatnya penambahan kendaraan penumpang. Maka dengan adanya modifikasi ini perlu dilakukan adanya studi analisa kekuatan konstruksi pada car deck apakah tegangan dan defleksi sesuai dengan yang diijinkan, dengan membandingkan model konstruksi car deck yang lama dengan model konstruksi car deck dengan penambahan panjang 12 meter. Oleh karena itu, perhitungan kekuatan dilakukan dengan beberapa kondisi , antara lain: kondisi hogging, sagging dan air tenang. Oleh karena itu dilakukannya analisa kekuatan car deck akibat penambahan 12 meter dengan menggunakan metode elemen hingga. Hasil dari penambahan panjang didapatkan hasil nilai tegangan 38,029 Mpa pada kondisi hogging, 44,057 Mpa pada kondisi sagging dan 38,449 Mpa pada kondisi air tenang serta nilai defleksi sebesar 0,000749 m pada kondisi hogging dan 0.000741 m pada kondisi sagging dan 0,000744 m pada kondisi air tenang, dimana bila dibandingkan dengan kriteria safety factor yang ditentukan dan hasilnya dalam kondisi aman sesuai dengan persyaratan rules BKI.

Article Details

Section
Articles