PERANCANGAN APAR DAN ERP DENGAN SIMULASI PATHFINDER PADA POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA

Main Article Content

Rizki Rizki
Lukman Handoko
Denny Dermawan

Abstract

Abstrak
Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya merupakan hunian pendidikan yang dipersyaratkan untuk memiliki Alat Pemadam Api Ringan (APAR) berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No 26 Tahun 2008. Berdasarkan peraturan diatas sehingga diperlukan adanya analisa untuk jenis, jumlah dan peletakkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Selain APAR, salah satu upaya penganggulangan kebakaran terutama untuk mencegah dan mengurangi akibat buruk dari kebakaran adalah dengan tersedianya sarana dan prasarana emergency dan evakuasi yang memenuhi standart, sehingga diperlukan perencanaan emergency dan jalur evakuasi sesuai dengan peraturan yang ada.
Penelitian ini mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 26 Tahun 2008 untuk menentukkan jarak maksimal satu APAR dengan yang lain, NFPA No. 10 Tahun 2013 untuk menentukan jenis-jenis APAR yang akan digunakan, NFPA 101 Life Safety Code edisi tahun 2000 untuk menentukan jumlah pintu exit.
Berdasarkan perhitungan APAR yang telah dilakukan ditemukan jumlah APAR yang dibutuhkan untuk Gedung PPNS sejumlah 448 buah. Jumlah pintu exit sejumlah 417 pintu exit. Untuk perhitungan waktu evakuasi dari simulasi pathfinder membutuhkan waktu 116,5 detik dan hasil dari prosentase error didapatkan prosentase sebesar 1,9%.
Kata Kunci: APAR, ERP, Pathfinder, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Article Details

Section
Articles