PERENCANAAN TRAFFIC SAFETY DENGAN STANDART ILO CODE OF PRACTICE ON SAFETY AND HEALTH IN PORT DAN OSHA TRAFFIC SAFETY IN MARINE TERMINAL PADA TERMINAL BERLIAN PERUSAHAAN BONGKAR MUAT KAPAL

  • Marrinta Nur Ekarina
  • Lukman Handoko
  • Mades Darul Khairansyah

Abstract

Hasil tingkat pelayanan jalan berdasarkan MKJI ialah kelas B untuk Jalan Prapat Kurung Selatan dan Jalan Prapat Kurung Utara. Perencanaan dimensi lebar untuk jalur pedestrian dengan metode greenshield ialah 1,5 m, dengan diikuti pelapisan cat fosfor untuk sarana evakuasi saat kondisi darurat serta penggunaan water barrier untuk pemisah antara jalur kendaraan dan pejalan kaki. Perencanaan pengaman tepi dermaga menggunakan kanstin jenis DKI dengan mutu K300. Pengaman badan tower lamp juga menggunakan kanstin jenis DKI dengan mutu K300 yang diletakkan mengelilingi badan tower lamp kurang lebih 60 cm. Perencanaan tangga tepi dermaga untuk akses penyelamatan dipasang dengan interval 50 m dan tangga memanjang 1 m dibawah permukaan air terendah. Penyediaan live saving appliance yang terdiri dari life buoy, life buoy bertali dan boathook diletakkan dalam kotak berwarna cerah dekat dengan tangga tepi dermaga sesuai interval 50 m. Penandaan blind spot untuk kendaraan truk kontainer diletakkan pada bagian depan, belakang, samping kanan dan kiri badan truk
Kata kunci: Traffic Safety, MKJI, Greenshield, ILO Code of Practice on Safety and Health in Ports 2016, K300

Published
2018-12-05