EVALUASI KEGIATAN PERAWATAN MENGGUNAKAN RCM II DAN PEMILIHAN SOLUSI MENGGUNAKAN METODE BCA PADA HEATER INDUSTRI PETROKIMIA TUBAN
Abstract
Dalam proses produksi xylene memerlukan panas yang cukup dari heater. Gangguan pada heater akan menghambat proses produksi xylene dan dapat menimbulkan ancaman keselamatan di lingkungan kerja. Tujuan penelitian ini adalah dapat melakukan kegiatan pemeliharaan secara terencana serta menganalisa perbandingan manfaat (benefit) yang akan diterima perusahaan dan biaya (cost) yang dikeluarkan dari penerapan hasil perencanaan penjadwalan ulang heater . Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Reliability Centered Maintenance (RCM II) dan bagaimana cara menganalisa perbandingan manfaat (benefit) yang akan diterima perusahaan dan biaya (cost) yang dikeluarkan dari penerapan hasil perencanaan penjadwalan ulang heater dibandingkan dengan penerapan jadwal perawatan yang sudah diterapkan di perusahaan. Kegagalan fungsi komponen ditinjau dari FMEA (Failure Mode and Effect Analysis). Penilaian risiko didapatkan dari perhitungan RPN (Risk Priority Number),terdapat perhitungan nilai MTTF, MTTR, dan interval perawatan. Hasil dari penelitian ini diketahui terdapat 18 bentuk kegagalan fungsi heater. Kajian RCM II diketahui bahwa terdapat 8 failure mode yang dapat dicegah dengan menggunakan scheduled discard task. Pencegahan 9 failure mode yang dapat dicegah dengan menggunakan scheduled restoration task, dan terdapat 1 failure mode yang dapat dicegah dengan menggunakan scheduled on conditional task. Nilai interval perawatan yang harus di prioritaskan yaitu pada komponen yang memiliki interval kecil yaitu pada plug valve memiliki interval 101,36 jam dan nilai interval terbesar yaitu pada inner rotary 5587,53 jam. Hasil dari Benefit-Cost Analysis kedua alternative menghasilkan keputusan jadwal perawatan dengan menggunakan RCM yang lebih baik untuk diterapkan oleh perusahaan dan memiliki nilai B/CA-B = 3,43.
Kata Kunci: Benefit-Cost Analysis, FMEA, Heater, Interval Perawatan, RCM , Xylene