PENGENDALIAN PERSEDIAAN ALAT PELINDUNG DIRI DENGAN METODE EOQ YANG BERBASIS WEB (STUDI KASUS DI : PERUSAHAAN INDUSTRI GULA)

Main Article Content

Jordan Syah Gustav
Rina Sandora
Wibowo Arninputranto

Abstract

Perusahaan gula merupakan salah satu industri strategis di Indonesia karena memiliki peran memproduksi bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat. Dikarenakan memiliki waktu produksi yang berlangsung 24 jam dan potensi bahaya yang tinggi maka perusahaan telah berkomitmen untuk penerapan sistem K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) pada wilayah kerjanya. Adanya bukti penerapan K3 antara lain dengan memenuhi kebutuhan APD, namun persediaan APD juga harus dikelola dengan baik agar mencukupi kebutuhan APD untuk setiap pekerja. Dalam malakukan pengelolaan persediaan perusahaan dapat menggunakan metode EOQ (Economic Order Quantity) untuk mengetahui pembelian yang optimal untuk setiap APD. Di dalam EOQ tidak hanya mengitung pembelian yang optimal akan tetapi juga dapat diketahui safety stock, reorder point, dan frekuensi pembelian. Metode EOQ di aplikasikan dengan pembuatan SOP dan Website agar dengan mudah melakukan perhitungan dan pengendalian persediaan APD yang ada pada gudang (stock). Hasil analisa perhitungan dari 6 jenis APD yang digunakan perusahaan didapatkan perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan metode EOQ, sebelumnya pemesanan persediaan dilakukan dengan jumlah yang banyak yaitu seluruh pekerja dan tanpa adanya safety stock dan reorder point. Sesudah dihitung menggunakan metode EOQ didapatkan hasil pembelian yang optimal, Contohnya untuk kebutuhan APD berupa safety helmet didapatkan hasil pembelian optimal sebanyak 93 buah per pemesanan, safety stock 20 buah dan reorder point pada jumlah 36 buah. PerancanganSOP guna penunjang website telah di terapkan karena sebelumnya tidak ada SOP yang digunakan untuk pengendalian persediaan. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan pada website, semua fitur meliputi pengadaan, permintaan, peminjaman, lihat list APD dan kalkulator hitung EOQ dapat berjalan dengan lancar. Sehingga sistem informasi ini dapat mempermudah pelaksanaan pengendalian persediaan di perusahaan.
Kata Kunci: Alat Pelindung Diri, Economic Order Quantity, Pengendalian Persediaan, Standar Operasional Prosedur, Website

Article Details

Section
Articles