PERANANGAN SISTEM INFORMASI PENDUKUNG PELAKSANAAN CHECKLIST K3 PADA EQUIPMENT GRANULATOR

Main Article Content

Laviati Noor Hamida
Arif Subekti
Wibowo Arninputranto

Abstract

Perusahaan produksi pupuk adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang produksi pupuk, non pupuk, bahan-bahan kimia, dan merupakan salah satu industri proses. Salah satu upaya Perusahaan Prosuksi Pupuk untuk memelihara dan melaksanakan prosedur K3 di perusahaan maka dibentuklah Surat Keputusan Direksi Perusahaan Prosuksi Pupuk Nomor: 0232/TU.04.02/30/SK/2015, tanggal 7 September 2015, Tentang Kewenangan Pengesahan Prosedur Operational Perusahaan Produksi Pupuk.
Dalam penerapan tersebut, Perusahaan produksi pupuk ini sudah melakukan prosedur Checklist maintanance peralatan namun masih banyak sekali kelemahan, diantaranya seperti petugas Inspeksi dapat memanipulasi hasil Checklist, pelaksanaan Inspeksi tidak efisien waktu dan pemborosan kertas sehingga tidak produktif.Untuk mempermudah pelaksanaan maintanance maka dilakukan pembuatan Sistem Informasi pendukung Checklist pada Granulator Perusahaan Produksi Pupuk yang nantinya diharapkan dapat membantu para Inspektor dalam pengerjaan Inspeksi.
Pembuatan database menggunakan SQL yang dihubungkan melalui XAMPP serta Bootstrap digunakan untuk membuat interface halaman aplikasi. Hasil perancangan ini didapat, bahwa masing-masing checklist mempunyai interval pemeriksaan yang berbeda-beda. Interval pemeriksaan terdiri dari checklist harian, mingguan dan bulanan, dan tahunan. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa seluruh proses dapat berjalan dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa Sistem Informasi pendukung Checklist Granulator pada Perusahaan Produksi Pupuk sangat layak digunakan untuk perusahaan.


Kata Kunci : Checklist, Granulator, Sistem Informasi

Article Details

Section
Articles