SISTEM INFORMASI MONITORING PELAKSANAAN INSPEKSI HARIAN BERBASIS WEB RESPONSIF PADA PERALATAN ANGKAT (STUDI KASUS : PERUSAHAAN GALANGAN KAPAL)

Main Article Content

Annisa Hafshari
Mardi Santoso
Mades Darul Khairansyah

Abstract

Dalam setiap pekerjaan berat pada perusahaan galangan kapal membutuhkan alat pendukung seperti halnya pesawat angkat dan angkut, khususnya crane. Berdasarkan observasi, ditemukan ketidaksesuaian berupa tidak dilakukannya inspeksi sebelum pengoperasian pada beberapa crane sesuai dengan standar kerja sehingga terjadi breakdown maupun downtime mesin. Beberapa operator tidak menggunakan APD (Alat Pelindung Diri). Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengawasan biro pemeliharaan selaku safety officer dan maintenance. Pelaporan kondisi mesin crane tidak terdokumentasi dengan baik. Berdasarkan uraian di atas, maka tujuan dari sistem informasi monitoring pelaksanaan inspeksi harian berbasis web responsif pada peralatan angkat ini adalah untuk mempermudah melakukan pengawasan terhadap kondisi mesin cranedengan sarana pendukung Pre-Operational Inspection Checklist berbasis web guna mengurangi tingkat downtime pada mesin crane serta mengurangi potensial bahaya yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Pelaporan kondisi crane serta rekapitulasi dokumen dapat diarsipkan secara aman dan kolektif.ChecklistCrane dalam pembuatan sistem informasi monitoring ini di antaranya Goliath, LLC, Mobile Crane dan Overhead Crane. Regulasi dalam pembuatan Pre-Operational Inspection Checklist menggunakan SOP(Standar Operasional Prosedur) atau SK (Standar Kerja) perusahaan, Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia No:PER.05/MEN/1985 tentang Pesawat Angkat dan Angkut, Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor.PER.09/MEN/VII/2010 tentang Operator dan Petugas Pesawat Angkat Angkut, Standar Occuppational
Proceeding 2nd Conference On Safety Engineering ISSN No. 2581 – 1770
Program Studi D4 Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja – PPNS
94
Safety and Health Administration (OSHA) dan beberapa Manual Book Craneperusahaan. Pembuatan Sistem Informasi menggunakan bahasa pemrograman Sublime Text,PHP (Hypertext Prepocessor), dan MySQL sebagai database, XAMPP sebagai web server dan Laravel sebagai framework untuk mempermudah membuat kerangka web coding.
Kata kunci : checklist, crane, inspeksi, sistem informasi, web

Article Details

Section
Articles