Analisis Human Error Dengan Pendekatan Cognitive Reliability And Error Analysis Method (CREAM) Pada Operator Forklift Di PT. SMART Tbk.

  • Novita Rahmawati
  • Anda Iviana Juniani
  • Vivin Setiani

Abstract

PT. SMART Tbk merupakan perusahaan yang mengolah kelapa sawit menjadi minyak goreng, margarin dan shortening . Pada tahun 2016 terjadi 3 kali kecelakaan pada pengoperasionalan forkli ft yang salah satu penyebabnya adalah faktor human error, dimana salah satu tujuan PT. SMART Tbk yaitu mencapai zero accident. Potensi bahaya yang dapat timbul akibat kelalian operator dalam mengoperasikan forklift salah satunya adalah menyebabkan cidera serius bahkan kematian pada korban, dan kerusakan produk. Penelitian ini menggunakan metode Cognitive Reliability and Error Analysis Method (CREAM) untuk menganalisis human error dan memperhitungkan nilai Human Error Probability (HEP) untuk dapat mengurang i dan mencegah terjadinya human error. Hasil penelitian menunjukkan faktor - faktor yang mempengaruhi terjadinya human error berdasarkan metode CREAM pada basic method adalah kecukupan organisasi, kondisi pekerjaan, dan ketersediaan prosedur. Berdasarkan pe rhitungan dengan metode CREAM didapatkan HEP tertinggi yaitu pada task Manuver forklift . nilai HEP pada task tersebut berdasarkan metode CREAM sebesar 0,007.
Published
2018-01-17