Analisis Human Error pada Pekerjaan Gerinda Menggunakan Metode THERP (Technique for Human Error Rate Prediction) (Studi Kasus pada Pekerja Workshop di Perusahaan Peleburan Baja)

  • Chitia Danita Sani
  • Lukman Handoko
  • Vivin Setiani

Abstract

Departemen Workshop memiliki peranan penting dalam maintenance mesin produksi di perusahaan peleburan baja sehingga sedikit saja kesalahan yang dilakukan oleh pekerja dapat menyebabkan kecelakaan dan mengganggu proses produksi. Berdasarkan data kecelakaan di perusahaan ini tahun 2012-2016 sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh human error dan pekerjaan yang sering mengalami kecelakaan adalah gerinda dan gas cutting. Oleh karena itu perlu dilakukan analisa human error terhadap pekerja untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan yang juga berpengaruh terhadap proses produksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode THERP (Technique for Human Error Rate Prediction). Hierarchial Task Analysis (HTA) dibuat untuk menilai HEP (Human Error Probability) yang akan dilakukan oleh expert  judgment. Nilai HEP yang dihasilkan pada pekerjaan gerinda menggunakan metode THERP
adalah 0,000750-0,002398. Setelah dilakukan analisis nilai HEP maka disusun rekomendasi yang sesuai berdasarkan error mode, standar regulasi dan wawancara dengan expert judgment sehingga tercapai target zero accident.

Published
2018-01-19