Optimasi Keandalan Sistem Level Luffing Crane 40 ton dengan Menggunakan Metode FMECA
Abstract
Level luffing crane (LLC) 40 Ton adalah salah satu peralatan penting yang menunjang proses produksi perusahaan
galangan kapal. LLC memiliki fungsi dalam pengangkatan berbagai beban kerja dengan kapasitas angkat sebesar
40 ton untuk kegiatan produksi kapal didalam dock. Bedasarkan data kegagalan komponen pada perusahaan
diketahui bahwa permasalahan yang dialami mesin LLC ini adalah adanya komponen yang rusak sehingga
mengakibatkan terhambatnya proses produksi. Beberapa kasus kejadian yang telah terjadi adalah kegagalan pada
komponen bearing pulley dimana menghasilkan suara berisik serta tidak normal. Hal tersebut mengganggu
kenyamanan dan konsentrasi operator, sehingga berdampak pada keselamatan pekerja diarea kerja. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi bahaya dan penilaian risiko yang akan dihasilkan komponen kritis pada LLC 40
ton bedasarkan data kegagalan dan wawancara dengan expert judgment, menggunakan metode FMECA (Failure
Mode, Effects, and Critical Analysis). Hasil analisis kegagalan yang telah dilakukan menggunakan metode
FMECA dengan didapatkan nilai criticality ranking, kemudian dilakukan analisis dengan diagram pareto,
didapatkan 3 prioritas mode kegagalan dengan memiliki nilai criticality number yaitu Hoist gearbox 0,06691,
Motor Travelling 0,06567, dan Motor Hoist 0,0474.