Perancangan Tire Blast Cover Sebagai Alat Pengaman Bagi Pekerja Dalam Proses Pengisian Ban Angin Head Truck (Studi Kasus : Kegiatan Perawatan dan Penggantian Ban PT. X)

Main Article Content

Muhammad Hamzah Habibburrahman
Mades darul Khairansyah
Mardi Santoso

Abstract


Bermula dari accident report dari PT. X, pernah terjadi ledakan dari ban angin headtruck pada kegiatan
perawatan dan penggantian ban angin headtruck yang menyebabkan timbulnya korban jiwa dan tuntutan perbaikan HIRA. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha melakukan perancangan sebuah desain alat yang mampu menahan dari ledakan ban angin head truck untuk mengurangi tinggi resiko kecelakaan kerja yang ditimbulkan akibat ledakan ban. Tujuan penelitian ini adalah membuat perancangan desain tire blast cover yang mampu menahan tekanan ledakan dan efek serta dampak yang ditimbulkan dengan melakukan uji simulasi numerik. Uji simulasi numerik ini akan diawali dengan mencari data material lalu merancang desain diantaranya tire blast dengan ketebalan lapisan 2.54 mm dan 5.08 mm kemudian mendapatkan data efek dan dampak ledakan dari hasil wawancara untuk menentukan apa saja yang diperlukan dalam perancangan dan simulasi. Simulasi dilakukan dua jenis yaitu simulasi pada lapisan pelindung dan keseluruhan desain keseluruhan tire blast cover. Kemudian setelah dilakukan simulasi untuk mendapatkan data equivalent stress untuk kemudian dilakukan perbandingan dan perhitungan dengan teori kegagalan material von misses. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan hasil simulasi dan pendekatan teori von mises bahwa desain tire blast cover dengan ketebalan lapisan 5.08 mm yang dikatakan aman dan mampu menahan dari ledakan ban angin head truck.
Kata kunci: teori von misses, simulasi numeric, Hazard Identification and risk analysis


 

Article Details

Section
Articles