Desain Pondasi Konversi Internal Combustion Engine Pada Mesin Outboard 3 PK Matsumoto Menjadi Electric Drive

  • Ammar Fikriyya Fahmi Politeknik Perkapalan Negri Surabaya
  • Abdul Gafur
  • Raden Dimas Endro W.
Keywords: Desain Pondasi, Faktor Keamanan, Kapal Listrik, Konversi Penggerak Listrik, Mesin Tempel.

Abstract

Peningkatan biaya bahan bakar fosil dan pencemaran lingkungan telah  mendorong perhatian para peneliti pada abad ke-21 terhadap energi alternatif. Sumber energi alternatif yang efisien adalah yang berbasis langsung dengan   listrik, dimana pemerintah, akademisi, dan sektor swasta semakin terlibat dalam pencarian sumber energi berkelanjutan. Indonesia memiliki   banyak sumber energi terbarukan, seperti matahari, angin, dan air, yang membuatnya menjadi lokasi penting untuk pengembangan dan pemanfaatan sumber energi terbarukan baru. Penggunaan mesin outboard konvensional masih mendominasi di Indonesia yang menyebabkan dampak buruk bagi lingkungan. Mesin outboard konvensional selain boros, juga menghasilkan emisi berlebihan yang mencemari lingkungan laut. Penggunaan mesin 2 langkah dengan karburator juga terbukti lebih merugikan yang diperkirakan mengeluarkan 4.5 kali lebih banyak emisi daripada mesin outboard 2 langkah yang menggunakan sistem injeksi. Untuk mengatasi dampak negatif ini, konversi mesin outboard konvensional menjadi Outboard berbasis motor listrik tersebut adalah salah satu solusi yang potensional dan dapat diterapkan. Konversi ini mempertimbangkan konsumsi bahan bakar, efisiensi energi, nilai ekonomi, ketersediaan bahan bakar, dan emisi. Namun, dalam melakukan pengkonversian tersebut maka perlu penyesuaian pada pondasi mesin outboard     sebelumnya untuk menanggung beban dinamis maupun beban dinamis yang dihasilkan oleh motor listrik selama pengoperasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pondasi optimal untuk konversi mesin outboard 3 pk menjadi penggerak motor listrik. Fokusnya mencakup ketahanan struktur, Safety factor dan redaman motor listrik dengan merancang pondasi yang optimal. Dengan membandingkan mesin konvensional dan motor listrik, penelitian ini bertujuan menyusun panduan desain pondasi yang memenuhi persyaratan teknis dan yang lebih ramah lingkungan, efisien, dan mendukung tujuan keberlanjutan energi maritim.

Published
2025-07-01