Analisis Karakteristik Dan Engine Propeller Matching Pada Propeller Gawn Dengan Variasi Jumlah Daun Pada Kapal Kombatan 142 Meter
Abstract
Kapal DTMB 5415 direkomendasikan oleh ITTC sebagai kapal penelitian terkait tahanan dan propulsi kapal. Propeller Gawn Series, dapat diaplikasikan pada kapal perang khususnya kombatan. Modifikasi jumlah daun pada propeller dari penelitian yang pernah dilakukan dapat meningkatkan nilai thrust pada propeller. Penelitian dilakukan dengan mengkaji hambatan kapal kombatan,kemudian menghitung daya engine dan karakteristik tiap propeller dengan metode CFD yang variasinya adalah 3 blade,4 blade,dan 5 blade untuk dilakukan engine propeller matching guna mencari kesesuaian antara daya dan kecepatan pada main engine dengan propeller. Hasilnya nilai thrust dan torque yang dihasilkan meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah daun pada titik j yang sama, sedangkan nilai effisiensi yang dihasilkan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya jumlah daun pada titik j yang sama. Hasil dari perhitungan EPM didapatkan titik operasi(matching point) yang menghasilkan kecepatan yang optimum diperoleh pada variasi propeller 5 blade dengan kondisi putaran engine 550 rpm,dengan pembebanan daya sebesar 93,88 % kecepatan kapal dapat mencapai 28 knot, dan pada variasi propeller 5 blade dengan kondisi putaran engine 400 rpm,dengan pembebanan daya sebesar 94,4 % kecepatan kapal dapat mencapai 18 knot. Sehingga dipilih propeller gawn 5 blade.