Analisis Risk Based Maintenance Sistem Bahan Bakar Main Engine Kapal Kontainer dengan Metode Reliability Centered Maintenance II Berdasarkan Klasifikasi Konsekuensi Standar Norsok Z-008:2017
Abstract
Sistem bahan bakar kapal merupakan salah satu aset penting yang perlu dilakukan
penetapan program pemeliharaan guna menunjang kelayakan kapal dalam beroperasi. Pada
penelitian ini dilakukan penetapan program pemeliharaan dengan menggunakan Reliability
Centered Maintenance II berdasarkan klasifikasi konsekuensi standar Norsok Z-008:2017.
Dengan menggunakan metode klasifikasi konsekuensi berdasarkan standar Norsok Z008:2017, didapatkan hasill bahwasannya terdapat beberapa komponen yang memiliki
tingkat menengah dan tinggi, sehingga perlu dilakukan proses lanjutan seperti evaluasi suku
cadang maupun penyusunan rekomendasi pemeliharaan dengan bantuan RCM II decision
worksheet. RCM II diperlukan untuk menyusun strategi pemeliharaan secara preventive
maintenance, diantaranya on condition task untuk komponen seperti fo storage tank,
scheduled discard task untuk komponen seperti fo transfer pump, scheduled restoration task
untuk komponen fo filter. Selanjutnya dilakukan perhitungan biaya untuk mengetahui berapa
biaya perawatan yang dibutuhkan tiap komponennya dan dapat ditarik keputusan akhir terkait
jenis perawatan yang sebaiknya digunakan.