Studi Perbandingan Performa dan Emisi Gas Buang pada 4 Stroke Carburetor SI Engine 125cc dengan Modifikasi Rasio Kompresi dan Bahan Bakar Ganda Pertalite – Uap Etanol

  • Puguh Pambudhi Y.W.B Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • George Endri Kusuma Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Nurvita Arumsari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Keywords: dual-fuel, emisi, etanol, uji performa, spark ignition engine

Abstract

Peningkatan penggunaan kendaraan bermotor dengan bahan bakar minyak menyebabkan penipisan cadangan
minyak mentah dunia dan pertimbangan pencemaran lingkungan. Krisis pencemaran lingkungan dan ketersediaan
bahan bakar minyak mendorong untuk menciptakan suatu usaha mencari bahan bakar alternatif dan berfokus pada
bahan bakar ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan engine sepeda motor Honda Supra X berkapasitas
125cc karburator pada rasio kompresi 1 : 9 dan Rasio Kompresi 1 : 11,5 dengan menggunakan pilot jet 38 (standar)
dan pilot jet 35 pada setiap Rasio Kompresi. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian performa diatas
Dynamometer test bench dengan dan pengujian emisi gas buang menggunakan gas analyzer. Data hasil pengujian
diuji homogenitas menggunakan software SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) dan analisa pengaruh
menggunakan software Minitab. Pengaruh terbesar dual fuel pertalite dan uap etanol terhadap daya dan torsi
masing-masing 0,88% dan 2,61% pada Rasio Kompresi 1 : 11,5; pengaruh terbesar rpm terhadap daya dan torsi
masing-masing 96,6% dan 85,09% pada Rasio Kompresi 1: 11,5. Pengaruh terbesar dual fuel pertalite dan uap
etanol terhadap penurunan emisi CO dan HC masing masing sebesar 92,13% dan 65,10% pada Rasio Kompresi 1
: 11,5.

Published
2021-02-12