Analisa Pengaruh Bahan Bakar Ganda Pertalite – Uap Etanol dan Kompresi Rasio terhadap Performa 4 Stroke Fuel Injection SI Engine 1 Silinder 115 cc

  • Fanny Fayu Laksono Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Muhammad Shah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • George Endri Kusuma Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Keywords: dual fuel, ethanol vapor, uji performa, emisi, specific fuel consumption

Abstract

Kualitas udara di Indonesia mengalami penurunan pada setiap waktunya karena dependensi masyarakat yang berlebihan terhadap konsumsi bahan bakar minyak. Penetrasi baru untuk menyediakan bahan bakar alternatif sangat berguna untuk menekan tingkat emisi yang dihasilkan, dimana salah satu solusinya adalah etanol. Penelitian ini menguji sepeda motor 4 stroke fuel injection Spark Ignition (SI) engine dengan variasi dual fuel antara bensin dan etanol. Penelitian ini menguji performa menggunakan dynotest on wheel, menguji Spesific Fuel Consumption (SFC) untuk mengetahui laju aliran dan SFC, menguji emisi menggunakan gas analyzer, menguji homogentias menggunakan aplikasi SPSS, kemudian mencari analisa perbandingan dan persentase kontribusi menggunakan aplikasi Minitab 18. Hasil yang didapat yaitu pengaruh variasi dual fuel terhadap peningkatan daya dan torsi ada pada mesin dengan kompresi rasio 11,5 masing – masing sebesar 2,33% dan 5,73. Pengaruh variasi dual fuel terhadap penurunan SFC ada pada mesin dengan kompresi rasio 9,3 sebesar 43,05%. Pengaruh variasi dual fuel terhadap penurunan emisi CO dan HC ada pada mesin dengan kompresi rasio 11,5 sebesar 99,76% dan 90,51%.

Published
2021-02-12