KAJIAN EKSPERIMEN PENAMBAHAN SILINDER SIRKULAR PADA TURBIN AIR SAVONIUS VERTIKAL DENGAN DIAMETER 0,4 D DISAMPING ADVANCING BLADE (MYRING n=1,n=2)

  • Dhika Ghozy Al Hafsy Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Emie Santoso Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Priyo Agus Setiawan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Keywords: Kajian Eksperimen, Turbin Savonius, Type Speed Rasio (TSR), Coefficient of Torque (Ct), Coefficient of Power (Cp)

Abstract

Energi merupakan kebutuhan dasar manusia, yang terus meningkat sejalan dengan tingkat kehidupannya. Turin savonius merupakan salah satu penghasil enrgi dari sumber energi terbarukan yang ada pada saaat ini untuk menghasilkan listrik. Pada kajian eksperimen ini membutuhkan turbin dan aliran air untuk melakukan percobaan. Turbin yang digunakan adalah myring n1 dan n2 dengan variasi penambahan silinder 16 cm (ds/D = 0.4) pada jarak x/D= 0,5 (20 cm) dan y/D=0,7 (28 cm) di sisi advancing blade dengan perbandingan turbin myring n1 dan n2 tanpa penghalang. Water channel memiliki lebar 1 meter tinggi 1 meter dan Panjang 2 meter. Data yang diambil berupa putaran turbin (rpm) untuk mengetahui Type Speed Rasio (TSR) kemudian digunakan untuk mendapatkan nilai Coefficient of Torque (Ct) dan Coefficient of Power (Cp). Berdasarkan hasil eksperimen ini penambahan cukup efektif untuk menningkatkan efisiensi turbin. Turbin savonius myring n=1 dan n=2 dengan penghalang silider sirkular 16 cm (ds/D = 0.4) memiliki hasil paling besar diantara variasi silinder yang lainnya yaitu type speed ratio (TSR) sebesar 0,66 koefisien torsi (Ct) 0.32 dan (Cp) 0,22. Sedangkan turbin savonius myring n=1 dan n=2 tanpa penghalang memiliki nilai type speed ratio (TSR) sebesar 0,57dan nilai (Ct) 0.32 dan (Cp) 0,17

Published
2021-02-12