PENDEKATAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEST OF ENGLISH FOR INTERNATIONAL COMMUNICATION PREPARATION
Abstract
Persiapan Pelatihan Test of English for International Communication perlu dilakukan untuk dapat mengetahui pembiasaan jenis-jenis soal yang ada dalam tes tersebut. Terdapat 7 bagaian yang meliputi bagian pertama sampai dengan bagian ke empat adalah jenis soal untuk menguji kemampuan mendengarkan, sedangkan part ke-5 sampai dengan part ke-7 terkait dengan tata bahasa dana keterampilan membaca. Peserta dalam pelatihan ini adalah siswa SMKN 5 Surabaya yang terdiri dari berbagai jurusan. Kajian ini dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut terkait dengan strategi yang perlu digunakan untuk menjawabnya di setiap bagain mulai dari bagian pertama sampai dengan terakhir. Diskriptif kuantitatif digunakan dalam kajian ini untuk menggambarkan fenomena secara kuantitatif dengan jumlah peserta terdata dalam survey setelah pelaksanaan. Hasil yang didapatkan dalam pelatihan ini adalah ditemukannya tiga faktor yang mampu membawa pembelajaran yang efektif yaitu pendekatan secara strategi, pendekatan proses pembelajaran, serta pendekatan individu terkait kesadaran dalam mengembangkan potensi diri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan yang diberikan mampu memberikan kontribusi positif bagi peserta pelatihan.