PENGUKURAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA

  • Farizi Rachman Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Keywords: PPNS, Kualitas Layanan, IKM

Abstract

PPNS adalah Perguruan Tinggi Vokasi yang terus memberikan pelayanan optimal kepada para pemangku kepentingan. Sesuai dengan fungsinya, penyelenggaraan pendidikan tinggi bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa dan menghasilkan lulusan yang menguasai IPTEK. Pengukuran kualitas pelayanan adalah elemen penting untuk menyediakan layanan yang lebih baik, efisien, dan efektif. Oleh karena itu, kualitas pelayanan harus dimulai dari kebutuhan konsumen dan berakhir pada persepsi mereka terhadap kualitas layanan yang diberikan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur tingkat kematangan pelayanan di PPNS melalui indeks kepuasan masyarakat. Aktivitas ini mencakup penyusunan instrumen, penentuan metode pengukuran, uji validitas dan reliabilitas, serta penyajian hasil survei kepuasan masyarakat. Survei dibatasi pada tiga unit layanan yaitu sarana prasarana pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Berdasarkan hasil pengukuran indeks kepuasan masyarakat untuk layanan tersebut, PPNS memperoleh nilai IKM sebesar 3,00 yang masuk dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa layanan di PPNS sudah bagus dan perlu terus ditingkatkan.

Published
2024-08-12
How to Cite
Rachman, F. (2024). PENGUKURAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA. Jurnal Cakrawala Maritim, 3(1), 5-8. https://doi.org/10.35991/cakrawalamaritim.v3i1.2905