Analisis Keselamatan Transportasi Taksi Sungai Rute Samarinda-Mahulu Kaltim Sebagai Upaya Meminimalisasi Kecelakaan Ke Zero Accident
Main Article Content
Abstract
Sungai Mahakam merupakan akses alternatif dan penghubung dari beberapa kota dan kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur. Moda transportasi kapal yang disebut taksi sungai masih menjadi pilihan masyarakat untuk keperluan pendistribusian penumpang dan barang di era globalisasi ini. Tingkat ancaman kecelakaan taksi sungai yang signifikan, menjadi perhatian oleh berbagai pihak. Analisa tentang prosedur keselamatan taksi sungai menjadi fokus dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar keselamatan transportasi taksi sungai untuk menekan tingkat kecelakan kapal hingga ke zero accident. Rumusan masalah penelitian ini adalah, (a) bagaimana prosedur keselamatan taksi sungai rute Samarinda-Mahulu Kaltim, dan (b) bagaimana upaya meminimalisasi ancaman kecelakaan taksi sungai rute Samarinda-Mahulu Kaltim ke zero accident. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan menguraikan hasil pemerolehan data di lapangan dan dipaparkan secara deskriptif ekploratif. Sumber data penelitian ini adalah dokumen, hasil penelitian, dan transkripsi wawancara. Data penelitian ini adalah hasil temuan berupa dokumen, dan pernyataan informan yang memuat relevansi dengan permasalahan penelitian. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, (1) terdapat 5 prosedur keselamatan yang perlu dipatuhi dan dilaksanakan, (2) terdapat 6 faktor ancaman keselamatan pada alur pelayaran taksi sungai, (3) pentingnya sinergitas terkait dengan pengelola pelayaran, dan (4) kepatuhan kebijakan keselamatan pelayaran menjadi hal terpenting untuk meminimalisasi ancaman kecelakaan ke titik nol.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlikel 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).