PENGARUH VIRAL MARKETING DAN E-WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CAFE KIOS MERA KAJOETANGAN KOTA MALANG
Abstract
Persaingan bisnis di era digital saat ini mengharuskan setiap pelaku usaha melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan penjualan. Berdasarkan pengamatan, Cafe Kios Mera yang berada di dalam sebuah gang kecil dikawasan Kampung Heritage Kajoetangan Kota Malang pengunjungnya cukup ramai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh viral marketing dan e-word of mouth terhadap keputusan pembelian di Cafe Kios Mera Kajoetangan Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian explanatory research. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada 100 orang dengan kriteria konsumen yang pernah melakukan pembelian dan pernah mengetahui konten di media sosial terkait Cafe Kios Mera. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya kontribusi variabel viral marketing dan e-word of mouth terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 47,5% sedangkan sisanya sebesar 52,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil uji hipotesis yang dilakukan, variabel viral marketing dan e-word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Viral marketing dan e-word of mouth secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Cafe Kios Mera.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa viral marketing dan e-word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Cafe Kios Mera Kajoetangan Kota Malang. Cafe Kios Mera diharapkan dapat memperhatikan waktu peluncuran informasi serta lebih aktif dalam menanggapi komentar konsumen di media sosial terkait varian produk, kualitas dan harga produk sehingga terdapat komunikasi antara penjual dan pembeli.