MEDIA PROMOSI E-CATALOGUE PADA INSTAGRAM DI IESHA HIJAB KOTA MALANG

  • fathin ummu rosyidah Politeknik Negeri Malang

Abstract

Abstrak

Akun instagram @ieshahijab memiliki kekurangan sebagai media promosi, karena informasi yang disajikan tidak lengkap. Tujuan penelitian ini adalah membuat e-catalogue produk yang dapat digunakan sebagai media promosi pada instagram Iesha Hijab malang. E-catalogue pada penelitian ini dibuat dengan menggunakan aplikasi CorelDRAW.

Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dokumentasi, dan kuisioner. Unit analisis yang digunakan sebanyak 15 orang yang terdiri dari pemilik 1 orang, 2 orang ahli desain, 2 orang ahli pemasaran, dan 10 orang konsumen. Desain e-catalogue diujikan kepada pemilik dan ahli desain menggunakan teori kreteria e-catalogue yang baik. Kreteria e-catalogue yang baik adalah layout, tipografi, harmoni warna dan gaya desain. Sedangkan untuk menilai kelayakan deain e-catalogue sebagai media promosi dilakukan menggunakan model EPIC (Empathy, Persuasion, Impact, dan Communication). Model EPIC diujikan kepada ahli pemasaran dan konsumen.

Penelitian tindakan ini dilakukan sebanyak dua siklus. E-Catalogue yang dihasilkan pada penelitian ini  mempunyai format JPG. Background yang digunakan pada desain menyesuaikan dengan keinginan dari pemilik usaha.  Hasil penelitian pada siklus kedua desain e-catalogue dinilai sebagai desain yang sangat baik nilai skor 4.2, sedangkan nilai EPIC Rate menunjukkan skor4,5 yang tergolong kategori sangat efektif.

 

Kata Kunci: Media promosi, desain e-catalogue, Instagram, CorelDRAW

Published
2024-10-31
Section
Articles