OPTIMASI DESAIN PONTON PENGANGKUT BATU BARA 91,5 METER DENGAN VARIASI PERUBAHAN JARAK GADING
Abstract
Kelangkaan material akibat dampak pandemi membuat harga material tersebut melambung tinggi dan
membuat biaya produksi membengkak. Sehingga langkah optimasi perlu dilakukan untuk menekan biaya
produksi namun masih tetap memastikan kualitas dari ponton. Salah satu langkah optimasi yang dapat
dilakukan dengan perubahan jarak gading. Dalam penelitian ini akan dilakukan dua variasi jarak gading
yaitu 600 mm dan 650 mm untuk mendapatkan nilai yang optimal dari desain awal yang sebesar 610 mm.
Dalam pengujiannya tiap model konstruksi akan di analisis besar tegangannya menggunakan software FEM
pada kondisi air tenang, sagging dan hogging. Dari hasil perhitungan konstruksi ukuran profil jarak gading
0.6 lebih kecil dibanding jarak gading 0.65, hal ini terjadi karena nilai modulus yang lebih kecil. Dalam
analisis tegangan didapatkan nilai tegangan ijin tertinggi dari kondisi sagging pada jarak gading 0.61 m
dengan nilai 84.8 MPa. Sedangkan jarak gading paling optimal adalah jarak gading 0.6 dengan optimasi
berat sebesar 5.3% dan optimasi biaya sebesar 9.4%.