Perencanaan Peletakan Dock Block untuk Docking Plan KM. XXX di PT. XYZ
Abstract
Umumya setiap kapal yang akan melakukan docking atau pengedokan telah memiliki dokumen
docking plan untuk mengetahui penempatan dock block yang sesuai dengan BKI Volume II Rules For Hull
2022 section 8 E, namun pada kenyataanya dock block yang ada disetiap galangan memiliki bentuk dan
kekuatan yang berbeda-beda sehingga docking plan tidak dapat digunakan di semua galangan. Oleh karena
itu diperlukan perencanaan peletakan dock block yang sesuai BKI Volume II Rules For Hull 2022 section 8 E
untuk memastikan tidak adanya deformasi saat kapal naik dok, untuk perencanaan peletakan dock block
menggunakan docking calculation yang ada di rules BKI 2022. Pernah terjadi insiden lambung kapal
mengalami deformasi pada KM. XXX saat pengedokan yang penyebabnya kemungkinan dari kesalahan
penempatan dock block yang jaraknya tidak sesuai dengan distribusi berat kapal. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui berat kapal sebelum naik dok, untuk mengetahui berapa jarak dan jumlah dock block yang
sesuai dengan rules BKI dan gambar peletakannya. Sebelumnya telah diketahui kekuatan kapasitas maksimal
dock block sebesar 28 ton namun masih ada reduction factor. Pada perhitungan berat kapal kosong diperoleh
nilai 2.477,68 ton. Jumlah dock block yang sesuai dengan distribusi berat kapal adalah 103 buah namun
digunakan 118 dock block karena memperhatikan faktor keamanannya, dan untuk jarak antar dock block
tidak lebih dari 3 frame.