Perencanaan Half Pipe Fender Pada Kapal Dengan Variasi Desain
Abstract
Fender merupakan suatu struktur yang terpasang pada sisi kapal dan atau dermaga untuk melindungi
lambung kapal dari benturan dengan dermaga. Fender harus melindungi kapal, struktur dermaga, dan fender
itu sendiri. Penelitian ini membahas perencanaan fender dengan variasi desain ditinjau dari efisiensi fender
dalam meredam energi benturan,dan koreksi tegangan yang terjadi terhadap teori kegagalan pada kecepatan
berthing 0,496 m/s. Material fender yang digunakan adalah steel standar JIS G3444 STK 500 grade B dengan
nilai tegangan luluh 356 MPa. Terdapat 4 model fender yang digunakan pada penelitian ini yaitu model A, B,
C, D. Hasil analisa model A menunjukan nilai tegangan terbesar pada fender yaitu 121 MPa, efisiensi fender
2,6% dan nilai safety factor 2,9. Pada model B tegangan sebesar 103 MPa terjadi pada fender, efisiensi fender
3,1% dan nilai safety factor 3,46. Hasil analisa model C menunjukan nilai tegangan 112 MPa, efisiensi fender
2,9% dan nilai safety factor 3,18. Analisa model D diperoleh nilai tegangan pada fender 121 MPa, efisiensi
fender 2,7% dan nilai safety factor 2,9. Tegangan yang diizinkan yaitu 167,82 MPa sehingga keempat model
memenuhi. Berdasarkan hasil analisa, model fender yang optimal adalah fender B, yaitu model dengan
penebalan pada lambung kapal sesuai yang diisyaratkan BKI yaitu 8 mm.