Perencanaan Half Pipe Fender Pada Kapal Dengan Variasi Desain

  • admin CONAE
  • Devany Rizki Verdiana
Keywords: fender, analisis elemen hingga, von mises stress, berthing energy, berthing velocity

Abstract

Fender merupakan suatu struktur yang terpasang pada sisi kapal dan atau dermaga untuk melindungi

lambung kapal dari benturan dengan dermaga. Fender harus melindungi kapal, struktur dermaga, dan fender

itu sendiri. Penelitian ini membahas perencanaan fender dengan variasi desain ditinjau dari efisiensi fender

dalam meredam energi benturan,dan koreksi tegangan yang terjadi terhadap teori kegagalan pada kecepatan

berthing 0,496 m/s. Material fender yang digunakan adalah steel standar JIS G3444 STK 500 grade B dengan

nilai tegangan luluh 356 MPa. Terdapat 4 model fender yang digunakan pada penelitian ini yaitu model A, B,

C, D. Hasil analisa model A menunjukan nilai tegangan terbesar pada fender yaitu 121 MPa, efisiensi fender

2,6% dan nilai safety factor 2,9. Pada model B tegangan sebesar 103 MPa terjadi pada fender, efisiensi fender

3,1% dan nilai safety factor 3,46. Hasil analisa model C menunjukan nilai tegangan 112 MPa, efisiensi fender

2,9% dan nilai safety factor 3,18. Analisa model D diperoleh nilai tegangan pada fender 121 MPa, efisiensi

fender 2,7% dan nilai safety factor 2,9. Tegangan yang diizinkan yaitu 167,82 MPa sehingga keempat model

memenuhi. Berdasarkan hasil analisa, model fender yang optimal adalah fender B, yaitu model dengan

penebalan pada lambung kapal sesuai yang diisyaratkan BKI yaitu 8 mm.

Published
2023-10-03
Section
Articles