Perancangan dan Analisis Lengan Penggerak Roda Depan pada Mobil Minimalis Roda Tiga

  • Bachtiar Dafik Prayogi
  • Fais Hamzah
  • Dhika Aditya P
Keywords: kendaraan, mobil, minimalis, roda tiga dan manufer

Abstract

Dewasa ini kemajuan teknologi sangat luar biasa termasuk dalam bidang transportasi,baik kendaraan roda dua, roda empat bahkan roda tiga berkembang kearah yang lebih baik.Di indonesia dengan wilayah yang sangat luas dan memiliki kontur yang berbeda-beda tentunya membutuhkan sebuah kendaraan yang baik dalam bermanuver serta irit dalam penggunaannya, para produsen dan ilmuan pun berlomba-lomba membuat kendaraan yang canggih, safety dan tentunya irit.Karena pertumbuhan penduduk yang semakin pesat jumlah mobil yang ada juga semakin banyak setiap harinya yang membuat semakin sempit jalan yang ada.Dengan bentuknya yang minimalis namun kompak diharapkan mobil roda 3 (three wheel car) ini menjadi salah satu yang diharapkan, dimana dengan body yang kecil diharapkan memiliki harga terjangkau,irit bahan bakar dan tentunya mudah dalam bermanuver.Dari permasalahan diatas diperlukan sebuah design mobil yang minimalis , kuat dan aman untuk digunakan,dalam penelitian kali ini diperlukan nilai sudut belok roda depan yang dapat di hitung dengan rumus ackerman serta untuk mengetahui apakah kontruksi lengan depan mobil aman,digunakan software catia untuk mengetahuinya.Dari hasil perhitungan dan perbandingan data dari mobil minimalis roda tiga dengan mobil suzuki karimun estilo yang memiliki spesifikasi hampir sama, sudut steer yang dihasilkan pada kemiringan roda 6 ͦ  dengan Radius Ackerman 16,25 m , 17,5 m dan 22,5 m mobil minimalis roda tiga memiliki sudut steer yang tidak jauh beda yakni 6,59  ͦ, 6,25 ͦ dan 6,10  ͦberbanding dengan sudut steer mobil karimun estilo sebesar 8,32 ͦ ,7,72 ͦ dan 6.01 ͦ  bisa dikatakan mobil minimalis roda tiga masih nyaman digunakan untuk berkendara karena memiliki nilai yang hampir sama dengan mobil yang telah diproduksi masal. 

Published
2018-01-19