Desain dan Analisa Aerodinamis Bodi Mobil Minimalis Roda Tiga Terhadap Tingkat Kestabilan Kendaraan Ditinjau dari Kondisi Skid dan Rolling
Abstract
Transportasi pada saaat ini memiliki peran yang penting terhadap mobilitas manusia. Berbagai
inovasi telah dikembangkan untuk berbagai model transportasi sebagai solusi dalam memenuhi
kebutuhan mobilitas manusia tersebut. Dalam perkembanganya salah satu transportasi yang paling
diminati adalah mobil. Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda
3 atau lebih, biasanya menggunakan bahan bakar minyak ataupun bahan bakar listrik yang ramah
lingkungan untuk menghidupkan mesinnya. Seiring berjalannya waktu, perkembangan inovasi pada
mobil sangat bervariasi dengan mengedepankan konsep minimalis dan futuristik serta teknologi
mutakhir. Sehingga dibutuhkan suatu inovasi terhadap mobil yang sudah ada baik dalam segi bahan
bakar, sistem kerja, maupun desainDalam penelitian kali ini akan dibuat sebuah desain bodi mobil
minimalis roda 3 yang akan diuji tingkat aerodinamisnya serta tingkat kestabilan kendaraan saat
berbelok ditinjau dari kondisi skid dan rolling. Sehingga didapat kecepatan aman saat berbelok.
Hasil dari penelitian ini diperoleh model desain bodi mobil dengan roof yang memiliki sudut buang
aerodinamis sebesar 100 dengan nilai Cd = 0,28 ; Cl = -0,03 dan Cm = 0,03. Dimensi dari bodi
mobil ini adalah panjang 3 meter, lebar 1,4 meter dan tinggi 1,5 meter dengan beban maksimal
muatan 250 kg. Dengan melihat pengaruh aerodinamis terhadap tingkat kestabilan kendaraan
ditinjau dari kondisi skid dan rolling diperoleh kecepatan aman berbelok tanpa kemiringan sebesar
28 km/jam. Namun ketika mobil berbelok dengan kemiringan 60 maka diperoleh kecepatan amannya
sebesar 34 km/jam. Hal ini membuktikan bahwa kondisi mobil yang bergerak miring ketika berbelok
akan memperkecil gaya sentrifugal yang terjadi sehingga mobil dapat berbelok dengan kecepatan
yang lebih tinggi.