Studi Estimasi Thermal dan Analisis Struktur Desain Brake Shoe Tanpa Coakan Kereta Penumpang dengan Metode Elemen Hingga
Abstract
Kereta api adalah suatu sarana perkeretaapian yang mempunyai tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun ditambah dengan sarana perkeretaapian lainnya, yang akan atau sedang bergerak pada jalur kereta api yang berkaitan dengan perjalanan kereta api. Kereta ini terdiri dari beberapa komponen antara lain carbody, sistem rem, dan rangka bogie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Elemen Hingga dimana metode tersebut digunakan untuk mengetahui keamanan desain sepatu rem. Penelitian ini bertujuan untuk memperkirakan panas dan menganalisa desain struktur sepatu rem tanpa retak pada kereta penumpang dengan menggunakan Metode Elemen Hingga (FEM). Pada penelitian ini dilakukan simulasi untuk menganalisis distribusi panas dan tekanan yang terjadi pada sepatu rem selama pengoperasian. Analisa menunjukkan nilai Static Stress Brake Shoe sebesar 0.0059112 MPa. Nilai termal sepatu rem tanpa retak adalah 50,905?C. Nilai faktor keamanan minimal PT INKA adalah 12. Dari hasil tersebut nilai faktor keamanan sepatu rem tanpa retak memenuhi syarat (aman). Temuan ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan desain sepatu rem yang lebih efisien dan andal untuk kereta penumpang.