PERENCANAAN REPARASI KAPAL UNTUK EFISIENSI WAKTU DOCKING DENGAN METODE PERT (PROJECT EVALUATION REVIEW TECHNIQUE) DAN FLASH (FUZZY LOGIC APLICATION FOR SCHEDULLING)

  • Yuli Wanardiyanto Surabaya State Shipping Polytechnic
  • Aditya Maharani Surabaya Shipbuilding Polytechnic
  • Dian Asa Utari
Keywords: #jurnalCDMA

Abstract

Proyek Docking Repair KT. Anggada XV mengalami keterlambatan,
sehingga kapal terhambat tidak bisa berlayar sesuai dengan yang sudah
dijadwalkan. Maka waktu menjadi variabel penting yang digunakan sebagai
parameter utama dalam penyelesaian proyek Docking Repair. Tujuan dari Tugas
Akhir ini yaitu melakukan analisis penjadwalan terhadap keterlambatan proyek
Docking Repair KT. Anggada XV dengan status intermediate survey. Dengan
demikian diperlukan upaya penjadwalan durasi proyek untuk mengembalikan
tingkat kemajuan proyek ke rencana awal. Perencanaan penjadwalan proyek
dilakukan dengan menggunakan metode PERT (Project Evaluation Review
Technique) dan FLASH (Fuzzy Logic Application for Schedulling). Proyek
Docking Repair KT. Anggada memiliki 8 pekerjaan yang berada pada jalur kritis
proyek yaitu tes ketebalan plat (UT), penggantian plat, pemeliharaan jangkar,
rantai, dan windlash, bongkar pasang propeller, polish propeller, tambal bolangbaling, balansir propeller, dan test keretakan propeller. Hasil dari perhitungan
penjadwalan proyek menggunakan metode PERT didapatkan nilai rata-rata
penyelesaian proyek selama 25.165 hari dengan nilai probabilitas 93,57%,
sedangkan metode FLASH didapatkan nilai durasi minimal selama 25.25 hari dan
durasi maksimal selama 26.45 hari. Berdasarkan perhitungan, waktu penyelesaian
proyek dengan metode FLASH lebih baik digunakan dikarenakan hasil dari
perhitungannya berupa interval waktu Dmin dan Dmax berbeda dengan metode
PERT yang hasil perhitungannya hanya didapatkan waktu penyelesaian yang sudah
pasti.

Published
2024-11-20